berita terkini desa, info pertanian, artikel peternakan, pendidikan di pedesaan dan pengembangan ekonomi desa>

Kepala Desa Baru, Semangat Baru

pelantikan kepala desa pentur
Pelantikan Kepala Desa baru di Desa Pentur oleh Wakil Bupati Boyolali

Kepala Desa baru ternyata mampu memberi semangat baru bagi sebagian besar warga desa yang telah mensukseskan Pemilihan Kepala Desa (pilkades) Pentur tahun 2013. Pilkades yang berjalan dengan tertib dan lancar tersebut berlangsung dua putaran dengan terpilihnya Wiryawan sebagai Kepala Desa Pentur periode 2013-2019.

Pilkades putaran pertama yang berlangsung tanggal 8 Desember 2012 menjadi sejarah baru Desa Pentur. Bakal calon yang berjumlah delapan orang lolos ujian pilkades yang telah dilangsungkan seminggu sebelumnya (tanggal 26-27 november 2012) di Kecamatan Simo. Jumlah delapan orang ini merupakan jumlah calon terbanyak selama Desa Pentur melangsungkan pemilu kades.

Sesuai Nomor urut dan hasil akhir perolehan suara pada putaran pertama Pilkades Pentur yaitu :

1. Wiryawan : 468 suara,

2. Parsiyanti : 357 Suara,

3. Siti Khatijah : 186 Suara,

4.Basuki Suyatno : 359 Suara,

5. Misnir : 78 Suara,

6. Nasai : 406 Suara

7. Arif Najahi : 195 Suara

8. Joko Narimo : 79 Suara.

Syarat pemenangan pilkades sesauai peraturan pemerintah Kabupaten Boyolali adalah; calon kepala desa yang memiliki suara minimal 25% + 1 dari suara yang sah. Jika pada putaran pertama pilkades jumlah suara yang sah 2128 suara, maka untuk menang harus mengantongi sebanyak 533 suara.

Pilkades Desa Pentur putaran kedua dilangsungkan sebulan setelah putaran pertama. Dua kandidat yang lolos yaitu Wiryawan dari Dk. Tegalrejo dan Nasai dari Jatirejo. Pertarungan sengit yang terjadi pada tanggal 2 Januari 2013 di Balai Desa Pentur menghasilkan perolehan suara 1053 untuk Wiryawan dan 974 suara untuk Nasai, sedangkan suara yang rusak/tidak sah mencapai 26 suara.

Saat ini Desa Pentur telah memiliki kepala desa baru. Banyak masyarakat yang berharap kepada pemimpin desa agar bisa membawa kemajuan menuju lebih baik dari periode yang lalu dan lebih baik desa lainnya di Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*