berita terkini desa, info pertanian, artikel peternakan, pendidikan di pedesaan dan pengembangan ekonomi desa>

Ismanto, Awali Karir Melukis Sejak Usia Belia

Ismanto, Awali Karir Melukis
Ismanto, Pelukis muda berbakat dari Desa Pentur

 

Solo – M. Ismanto gelar pameran tunggal dalam acara bertajuk Babarasa yang digelar di Gedung Kesenian Solo (GKS). Pria kelahiran Boyolali 11 Oktober 1980 salah satu dari sekian pelukis Solo yang beraliran realis.

Kiprahnya sebagai seorang pelukis ia rintis sejak usia belia. Kelas 3 SD, Ismanto sudah menelorkan karya. Usia 8 tahun ia sudah belajar melukis dengan cat minyak secara otodidak. Berawal dari situlah Ismanto mulai memiliki ketertarikan terhadap gaya realis. Baginya lukisan realis dapat menggambarkan realita secara gambling lewat goresan cat minyak di sebuah kanvas.

“Sejauh saya tahu, realis jauh lebih bisa dimengerti dan ditangkap pesannya selain diluar aspek keindahan gambar yang disajikan,” paparnya kepada Timlo.net Sabtu, (22/1). Dalam pameran tunggalnya yang digelar di GKS, ia menghadirkan 19 karya lukisan yang menggambarkan situasi yang berbeda-beda.

Dari ke-19 karya M. Ismanto salah satu diantaranya dikupas dalam acara diskusi. Karya tersebut menggambarkan tentang situasi krisis pangan Indonesia di masa yang akan datang. “Sekarang ini banyak mall, perumahan, mini market. Sementara itu lahan pertanian semakin berkurang. Tentu saja hal ini menyebabkan keterbatasan sumber daya  pangan,” ujarnya.

Sementara itu, dalam beberapa bulan kedepan, pria yang sibuk dengan aktifitas melukis ini akan menggelar pameran di Sondokoro. “Rencananya saya akan menggelar pameran di Sondokoro, mungkin akan dilaksanakan beberapa bulan kedepan,” pungkasnya.

Sumber : http://senibudaya.timlo.net/baca/6579/awali-karir-melukis-sejak-usia-belia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*