berita terkini desa, info pertanian, artikel peternakan, pendidikan di pedesaan dan pengembangan ekonomi desa>

Dari Hobi Menyanyi, Banting Setir Menjadi Petani Jamur Merang

wahyono hobi menyanyi
Wahyono Jais yang hobi menyanyi

Boyolali – Wahyono atau yang sering dipanggil Jaiz, sejak SD memang hobi menyanyi terutama untuk musik-musik dangdut dan campursari. diusianya yang menginjak usia kepala tiga ini, Dia sudah hafal sekitar 200an lagu yang sebagian besar adalah lagu-lagu lawas.Sosok pengagum Rhoma Irama ini pernah mengikuti kursus vokal dan beberapa kali mengikuti Kontes Dangdut Indonesia (KDI) dan Kondangin yang diselenggarakan oleh salah satu stasiun televisi nasional.

Usaha mati-matian untuk menjadi superstar dangdut akhirnya kandas di tengah jalan, hal ini memaksa Jaiz untuk berpikir lebih realistis untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang semakin mendesak. Berbekal semangat untuk menjadi wiraswasta, sejak September 2010 dia pulang kampung dan mencoba bertani jamur merang.

Baginya bertani jamur merang menjadi pilihan menarik karena jika dilihat dari hasil pendapatannya bisa lebih banyak daripada harus merantau bekerja sebagai kuli bangunan maupun kerja pabrikan. Dari usaha bertani jamur yang bisa dibilang masih relatif kecil ini, dalam sebulan saja Jaiz mampu mendatangkan pendapatan bersih sebesar 1,5 Juta, hal ini dirasakan sangat berbeda jika dibandingkan ketika dia merantau yang tidak mampu menghasilkan uang banyak karena biaya hidup yang tinggi di kota.

Informasi dan pengetahuan tentang budidaya jamur yang dilakukan Jaiz pada awalnya diperoleh dari kawan tetangga desa. Dari obrolan-obrolan yang sering dilakukan, Jaiz dapat menyerap banyak ilmu tentang jamr seperti membuat kandang, mencari bahan baku, pengomposan, penyetiman (menyeterilkan lokasi), tabur benih dan cara panen. Selain mendapat bimbingan, Jaiz juga dibantu untuk  mendapatkan bibit jamur sekaligus memasarkan hasil panennya. Keberhasilan Jaiz dalam membudidaya jamur merang dikampung telah memberi inspirasi bagi tetangganya untuk ikut berwiraswasta, hal ini terbukti beberapa orang telah mengikuti jejaknya. (JN)

1 Comment on Dari Hobi Menyanyi, Banting Setir Menjadi Petani Jamur Merang

  1. sy bth suplai jamur merang area solo nih,ada yg berminat krj sm suplai ke aq gak ya?kebutuhan sy rata-rata 1kw/hr,utk saat ini harga yg berani sy berikan 11.000/kg!klo ada yg minat bs hubungi sy di hp.085229030093 (call/sms) email : wsunardi@ymail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*